Dia berjanji akan mengalahkan sekolah itu. Tidak hanya disampaikan pada satu dua orang saja tentang janjinya itu. Saya kira dia main-min atau sekedar joke saja. Namun belakangan saya melihat intensitas inovasi dan kreatifitas programnya terus dipacu. Sudah hampir mencapai 30 institusi, lembaga dan perusahaan yang dia ajak kerjasama untuk mendorong laju kualitas sekolahnya. Hampir setiap hari ada update kemajuan kegiatan sekolah dan siswanya dengan berbagai hal yang berbeda. Berbeda? Ya berbeda. Setiap update kegiatan saya melihat kegiatannya selalu baru dan berbeda. Wah ini benar tentang apa yang dijanjikannya saat itu. Bahwa dia kan mengalahan sekolah itu.

Dia menggodok terus inovasinya, menggorengnya lalu mengangkatnya dan nenyajikannya. Selalu baru dan segar. Seperti tidak ada batas inovasi baginya. Saya sendiri heran bagaimana pola bekerjanya. Nmun saya bisa menilai bahwa mungkin karena relasi, jam terbang berkolabarasi dengan pihak luar dan mindset berpikirnya yang membuat dia bisa begitu. Ini adalah bahan bakar terbaruan yang menurut saya tidak akan pernah habis dan akan selalu dapat menyalakan mesin inovasi yang dikendarianya.

Sedang sekolah itu bagaimana? Sekolah itu tetap tenang, berdiri. Dengan gagah menjalankan rutinitasnya dan tetap yakin akan kendaraan inovasinya masih tetap bagus meski tahu kendaraannya adalah keluaran lama. Sekolah itu tetap yakin dengan kegiatannya meski tahu jauh didepan sana semakin terdapat banyak tempat tujuan berhenti sementara untuk melanjutkan perjalanan. Sekolah itu hanya berencana membangun rumah baru yang lebih wah dan megah untuk menaruh kendaraannya, meski sudah memiliki rumah yang megah dan wah juga.. Sedang saya bingubg membandingkan keduanya, karena kedua sekolah penantang dan yang ditantang tetap bisa berjalan dan menujukkan siapa dirinya.

Sekarang apa penghambat kecil yang ada yang tidak meeeka sadari? Dari keduanya saya dapat belajar tentang branding yang sesungguhnya, sebetulnya tidak perlu membranding untuk membangun branding yang kuat dijaman sekarang. Sebab semuanya berjalan hanya sesaat saja dan akan mencari sesuatu yang baru lagi. Yang mereka tidak menydari adalah misi pendidikan yang diembannya yang mungkin lupa diperhtikan. Kapitalissi pendidikan membuat keduanya tetap bertahan. Sekolah pertama mampu bertahan karena ada pesaing yang harus dikalahkan, sedamg sekolah kedua mampu bertahan karena nama dan asetnya sudah besar. Keduanya mungkin tak akan pernah kekurangan murid secara signifikan, kalaupun kurang maka hanya sefikit sebab munculnya sekolah dengan inovasi baru yang menggerus peminatnya.

Namun bagi saya branding sebuah sekolah adalah produk siswa yang dihasilkan sekolah tersebut tanpa melihat apakah sekolah itu bertambah siswa atau tidak. Selama kita berjalan didunia pendidikan dan meneruskn ilmu yang Allah berikan maka Insya Allah akan tetap terjaga keberlangsungannya, hanya saj apakah kualiasnya sesuai dengan harapan atau tidak. Sebb sekolah pertama lupa menyiapkan kader penerus yang akn menghambat ketika pemimoinya tergabti oleh pemimpin lain dan sebb juga sekolah kedua stagnan daam inovasi karena kebesaran dan kebiasaan branding buatannya. Tinggal kita memilih yang mana, apakah terus membangun branding seperti perusahan komersial atau kembali kepada pendidikan yang sesungguhnya. Wallahualam, semua tergantung driver dari kendaraan yang ditumpanginya. Pelan, lambat, kencang, kecepatan tinggi, berjalan dengan mulus ataukah zigzag semuanya terserah driver, penumpang hanya bisa mengingatkan, ngomel bahkan memarahi saja. Karena driver adalah raja kecil diatas kenaran yang melaju.

Mungkin karena itu profesi sopir saat ini sedang digandrungi hehehe. Meski raja kecil tapi bisa mengendalikan kemana kendaran akan berjalan dan bagaimana cara kendaraan berjalan. Dan orang saat ini juga senang menjadi penumpang karena biaya ringan, gak perlu berpikir menghadapi masalah dijalanan saat berkendara, dan juga seperti raja kecil karena tinggal menunjuk kemana maka sampailah dia ditempat tujuannya. Lho kok jadi mbahas ojek 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Klo punya komen tulis disini
Silahkan masukkan nama disini